Jl. Raya Bandorasa No.27A
Bandorasa Wetan, Kec. Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556
Selasa, 27 Februari 2024
07:00 - 14:00 WIB

Sejarah RSUD Linggajati

RSUD Linggajati: Membangun Sejarah Menuju RS Kelas C

Tahun 2009: RSUD “45” Bandorasa Beroperasi dengan Keterbatasan

Pada tahun 2009, RSUD Linggajati beroperasi dengan nama RSUD “45” Bandorasa, namun hanya menyediakan pelayanan terbatas, yaitu instalasi gawat darurat dan instalasi rawat jalan. Sayangnya, rumah sakit ini belum menyediakan fasilitas rawat inap pada saat itu.

Tahun 2012: RSIA Linggajati Kuningan

Perubahan besar terjadi pada tahun 2012 ketika Pemerintah Kabupaten Kuningan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 24 tahun 2011 yang mengubah status RSUD “45” Bandorasa menjadi RSIA Linggajati Kuningan pada tanggal 12 April 2012.

Perjuangan Menuju Rumah Sakit Umum

Pada tanggal 21 Juni 2012, RSIA Linggajati dinilai oleh tim Penetapan Kelas RS Khusus Kementerian Kesehatan RI. Hasil penilaian menunjukkan potensi RSIA Linggajati untuk menjadi Rumah Sakit Umum (RSU), sehingga mampu memberikan layanan kesehatan yang lebih luas dan komprehensif kepada masyarakat.

Transformasi Menjadi RSUD Linggajati

Berkat semangat memberikan pelayanan terbaik dan mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, RSIA Linggajati mengalami perubahan status menjadi RSUD Linggajati melalui Perda Kabupaten Kuningan No. 13 tahun 2013.

Menuju RSUD Kelas C

Pada tanggal 5 Agustus 2014, RSUD Linggajati menerima rekomendasi untuk diakui sebagai RSUD tipe C, namun perlu melakukan berbagai perbaikan untuk memenuhi standar dan kriteria rumah sakit kelas C.

Pengakuan Resmi Sebagai RSUD Kelas C

Perjalanan panjang RSUD Linggajati mencapai puncaknya pada tanggal 26 Februari 2015, saat secara resmi ditetapkan sebagai Rumah Sakit Kelas C berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: HK.02.03/I/0443/2015. Pengakuan ini merupakan hasil dari upaya keras dan komitmen penuh dari tim RSUD Linggajati dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan infrastruktur rumah sakit.

Visi Masa Depan: Berkomitmen untuk Terus Berkembang

Dengan mencapai status RSUD Kelas C, RSUD Linggajati dapat memberikan layanan medis dan fasilitas rawat inap yang lebih komprehensif dan terjangkau bagi masyarakat di wilayah Kuningan dan sekitarnya. RSUD Linggajati tetap berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi kesehatan masyarakat, sejalan dengan semangatnya dalam membantu mewujudkan Indonesia yang lebih sehat melalui Program JKN-BPJS.

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI