Jl. Raya Bandorasa No.27A
Bandorasa Wetan, Kec. Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556
Selasa, 27 Februari 2024
07:00 - 14:00 WIB

Instalasi K3RS dan Kesling

Sumber Gambar:Isntalasi K3RS dan Kesling

RSUD Linggajati Kabupaten Kuningan telah menjadikan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (K3RS dan Kesling) sebagai prioritas utama dalam pelayanannya. Langkah ini dilandaskan pada dasar hukum yang kuat, termasuk Undang-Undang No.1/1970 tentang Keselamatan Kerja, Undang-Undang No.23/1992 tentang Kesehatan, dan berbagai peraturan dan pedoman terkait.

Dasar Hukum dan Pedoman yang Mendasari Komitmen RSUD Linggajati

  1. Undang-Undang No.1/1970 tentang Keselamatan Kerja: Undang-Undang ini menjadi landasan utama dalam mengatur keselamatan kerja dan menjaga kesejahteraan para pekerja. RSUD Linggajati memastikan bahwa staf medis dan non-medis bekerja dalam lingkungan yang aman dan terhindar dari risiko cedera.
  2. Undang-Undang No.23/1992 tentang Kesehatan: Undang-Undang ini menetapkan prinsip-prinsip dasar kesehatan masyarakat. RSUD Linggajati mengintegrasikan prinsip ini dalam operasionalnya untuk memberikan perawatan kesehatan yang berkualitas.
  3. Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI No. 986/92 tentang Kesehatan Lingkungan RS: Peraturan ini mengatur tentang standar dan pengelolaan lingkungan di rumah sakit. RSUD Linggajati memastikan bahwa lingkungan di sekitar rumah sakit tetap bersih, higienis, dan aman bagi masyarakat.
  4. Permenkes RI No. 472 Tahun 1996 tentang Pengamanan Bahan Berbahaya bagi Kesehatan: RSUD Linggajati mematuhi peraturan ini dalam pengelolaan bahan-bahan berbahaya yang dapat berdampak pada kesehatan staf dan pasien.
  5. SK Menkes No.351 Tahun 2003 tentang Komite K3 Sektor Kesehatan: Langkah ini menunjukkan bahwa RSUD Linggajati memiliki komite yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan rumah sakit.
  6. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.05/Men/1996 tentang Sistem Manajemen K3: RSUD Linggajati menerapkan sistem manajemen K3 sesuai dengan pedoman ini untuk menjaga keselamatan dan kesehatan staf.
  7. Keputusan Dirjen P2PLP Nomor 1204 Tahun 2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit: RSUD Linggajati memastikan bahwa lingkungan rumah sakit memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan.
  8. Pedoman K3 di Rumah Sakit Tahun 2006 (BinKesja DepKes): Pedoman ini menjadi panduan bagi RSUD Linggajati dalam menjalankan praktik K3 yang aman dan efektif.
  9. Pedoman Teknis Pengelolaan Limbah Klinis dan Desinfeksi serta Sterilisasi di Rumah Sakit Tahun 2002: RSUD Linggajati mematuhi pedoman ini untuk memastikan pengelolaan limbah medis yang aman dan lingkungan yang terjaga.

Melalui kepatuhan terhadap dasar hukum dan pedoman ini, RSUD Linggajati Kabupaten Kuningan tidak hanya meneguhkan komitmen terhadap K3RS dan Kesling, tetapi juga memastikan pelayanan kesehatan yang aman, berkualitas, dan ramah lingkungan. Dengan mengintegrasikan praktik-praktik ini dalam operasionalnya, RSUD Linggajati memberikan teladan penting bagi institusi kesehatan lainnya untuk mengutamakan aspek keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan.

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI